Sekolah Pilot dalam Negeri vs. Luar Negeri

Memiliki postur tubuh yang ideal, kesehatan yang bagus, kemampuan akademik yang mendukung, dan juga finansial yang cukup tentu bisa mewujudkan impian menjadi seorang pilot. Meski pesaing berjumlah ratusan bahkan ribuan orang dan yang diambil hanya segelintir, tapi hal ini bukan menjadi bumerang karena setiap seleksi dari tahap pertama hingga akhir kemungkinan bisa dilalui dengan baik.

informasi sekolah pilotLulusan sekolah penerbangan memiliki peluang karir yang cukup baik ke depannya. Dikatakan demikian karena saat ini banyaknya jumlah pilot yang dicetak belum berhasil memenuhi setiap lowongan yang ada dari beberapa maskapai, bisa dibilang pasokan pilot masih dikatakan kurang. Perlu diingat bahwa, ketersediaan lowongan kerja merupakan salah satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam memilih sekolah karena setelah lulus berkesempatan untuk langsung memperoleh pekerjaan.

Berbicara mengenai profesi pilot, tentunya sudah banyak sekolah pilot baik itu di dalam negeri maupun luar negeri yang sudah siap sedia menerima calon-calon pilot untuk dilatih menjadi seorang penerbang yang handal. Akan tetapi, untuk memilih sekolah yang tepat antara sekolah pilot dalam negeri dengan luar negeri, dapat dipertimbangkan dengan beberapa ulasan berikut:

Dari sudut biaya

Jika dilihat dari sisi biaya sekolah pilot asing tergolong lebih murah. Mengapa? Hal ini dikarenakan produsen pesawat latih banyak berasal dari luar negeri sehingga tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk pembuatan pesawat. Namun, mengingat pendidikan di luar negeri harus memiliki passport atau juga visa pelajar sekaligus biaya hidup yang tidak murah membuat pendidikan luar negeri menjadi mahal sehingga pada saat dijumlahkan biaya pendidikan di dalam negeri dan luar negeri relatif sama.

Bila ingin memperoleh keringanan biaya sekolah pilot seperti pinjaman atau cicilan, pada dasarnya sekolah pilot yang di dalam negeri dan luar negeri juga sama-sama menawarkan, hanya saja tidak semua sekolah. Untuk mengetahui berapa besar biaya masuk sekolah pilot, berapa banyak jumlah pinjaman yang ditawarkan, dan berapa kali cicilan yang ditargetkan Anda bisa cek atau kunjungi situs resmi sekolah. Di sana Anda bisa memperoleh perbedaan biaya dari beberapa sekolah, baik itu di Indonesia maupun negara asing.

Dari sisi pengalaman

Seperti yang diketahui bahwa hal yang membedakan antara pendidikan di dalam negeri dengan luar negeri selain dari segi biaya juga pengalaman yang didapat. Biaya sudah jelas berbeda karena tidak hanya biaya untuk pendidikan tetapi hidup seperti yang terdapat pada uraian di atas. Begitu juga dengan pengalaman, bergabung dengan orang luar tentu dapat memperoleh pengalaman yang maksimal, entah itu belajar banyak bahasa, budaya, adat istiadat, ataupun kebiasaan mereka. Memiliki banyak relasi menjadi suatu keuntungan karena bukan tidak mungkin relasi yang akan menarik Anda untuk mendapatkan suatu pekerjaan, termasuk profesi pilot yang pada intinya bisa bekerja di maskapai penerbangan asing.

Dari segi durasi pendidikan

Mengingat fasilitas yang tersedia di sekolah pilot luar negeri lebih memadai, hal ini berkaitan erat dengan durasi pendidikan yang relatif lebih singkat. Sebab, keahlian dan kemampuan para cadet bisa terasah dengan maksimal apabila mampu mengikuti sistem pembelajaran dengan baik, yaitu tak hanya sekedar materi yang disampaikan oleh instruktur profesional tetapi juga praktik yang dilaksanakan dengan jumlah pesawat dan bandara latih yang mendukung.

Dengan kata lain, jika dibandingkan mengenai durasi pendidikan sekolah pilot asing lebih patut dipilih, akan tetapi mesti memilih sekolah pilot yang tepat karena tidak semua sekolah pilot asing menjanjikan durasi waktu yang singkat. Artinya, juga masih ada beberapa sekolah yang memang belum memiliki fasilitas seperti di atas dan harus benar-benar jeli agar tidak salah pilih sekolah.

Sekolah pilot asing vs sekolah pilot dalam negeri memang sudah sepatutnya menjadi pertimbangan ketika memutuskan untuk masuk sekolah pilot. Selain itu, dalam memilih sekolah penerbangan yang juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah lisensi. Pilihah sekolah pilot yang menawarkan paling tidak tiga lisensi yaitu PPL, CPL, dan IR, tetapi akan lebih bagus apabila juga menawarkan lisensi MER karena lisensi MER mengartikan bahwa pilot sudah siap pakai untuk bekerja di maskapai penerbangan terutama untuk mesin berganda sehingga peluang untuk diterima kerja lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *